RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Oleh :
INGGRIANI ANDEWI PRAYOGI (09141108)
PGSD / VIC
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
IKIP PGRI MADIUN
2012
Sekolah  : SDN Sidomulyo 02 Kec.Wonoasri Kab.Madiun
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam )
Kelas   : III (Tiga)
Semester  : I (Satu)
Tema   : Keragaman
_______________________________________________________________________Standar Kompetensi : Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup.
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi cirri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup.
- Indicator :
 - Menyebutkan ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup.
 - Membedakan antara makhluk hidup dan makhluk tak hidup berdasarkan pengamatan ciri-cirinya.
 - Melakukan wawancara dengan tukang kebun untuk mengetahui cara merawat tumbuhan dengan baik.
 - Mempraktekkan cara merawat tumbuhan dan hewan dengan baik.
 - Melakukan percobaan cara menanam tumbuhan.
 - Materi Pokok/Pembelajaran :
 - Ciri-ciri makhluk hidup.
 - Kebutuhan makhluk hidup.
 - Perbedaan makhluk hidup dengan makhluk tak hidup.
 - Mempersiapkan pertanyaan untuk wawancara.
 - Percobaaan mengamati pertumbuhan makhluk hidup.
 - Metode Pembelajaran :
 - Model Pembelajaran :
 - Direct Instruction (ID)
 - Cooperative Learning (CL)
 - Metode :
 - Demonstrasi
 - Eksperimen
 - Diskusi Tanya Jawab
 - Langkah-langkah Kegiatan :
 - Pertemuan pertama :
 - Kegiatan Pendahuluan :
 - Motivasi : Tanyakan pada siswa apakah mereka pernah mengunjungi kebun binatang.
 - Pengetahuan Prasyarat : Ajukan pertanyaan di kebun binatang tersebut apa saja yang termasuk makhluk hidup dan makhluk tak hidup.
 - Kegiatan Inti :
 - Guru membagi peserta didik secara berpasangan.
 - Guru mengarahkan jawaban pertanyaan dengan meminta peserta didik untuk membuka dan membaca buku siswa.
 - Guru mempresentasikan pengetahuan deklaratif tentang cirri-ciri makhluk hidup.
 - Guru mempresentasikan pengetahuan deklaratif tentang kebutuhan mkhluk hidup.
 - Guru meminta peserta didik mengerjakan LKS yang sudah disiapkan oleh guru.
 - Guru memeriksa kegiatan peserta didik apakah siswa sudah dapat mengerjakan dengan benar, apabila belum guru dapat langsung memberikan bimbiungan.
 - Kegiatan Penutup :
 - Memberi penghargaan pada kelompok yang bekerja dengan baik.
 - Membimbing siswa merangkum pelajaran.
 - Uji kompetensi tertulis
 - Perhatikan hewan disekitarmu. Sebutkan jenis makanan hewan tersebut!
 - Induk kambing melahirkan anaknya. Kambing memiliki ciri makhluk hidup, yaitu…
 - Memerlukan makanan
 - Bergerak
 - Berkembang biak
 - Pertemuan kedua :
 - Kegiatan Pendahuluan :
 - Motivasi : Tanyakan pada siswa tenang tanaman dan hewan peliharaannya.
 - Pengetahuan Prasyarat : Ajukan pertanyaan tentang tujuan manusia memelihara tanaman.
 - Kegiatan Inti :
 - Guru membagi siswa secara berpasangan.
 - Guru mengarahkan pertanyaan-pertanyaan untuk wawancara.
 - Guru meminta peserta didik untuk wawancar kepada tukang kebun sekolah atau petani dekat sekolah.
 - Guru mendemonstrasikan cara menanam biji tomat dan biji cabe.
 - Guru meminta sisw mengerjakan LKS yang sudah disiapkan oleh guru.
 - Guru memeriksa pekerjaan siswa apakah sudah dapat mengerjakan dengan benar, apabila belum guru dapat langsung memberikan bimbingan.
 - Kegiatan Penutup :
 - Guru memberikan penghargaan pada kelompok yang bekerja dengan baik
 - Membimbing siswa merangkum peajaran.
 - Uji kompetensi : Apa yang kamu lakukan apabila tanaman di halaman rumahmu layu ?
 - Sumber Belajar :
 - Buku IPA Kelas III SD dan MI.
 - Gambar aneka hewan dan tumbuhan serta lingkungan sekitar.
 - Tukang kebun/petani yang ada di sekolah.
 - Penilaian Hasil Belajar :
 - Teknik Penilaian dan Bentuk Instrumen :
 - Contoh instrument :
 - Soal tes identifikasi dan uji petik kerja prosedur :
 - Siapkan biji cabe, biji tomat dan pot yang berisi tanah, siramlah lalu taburkan biji cabe dan tomat.
 - Lakukan wawancara kepada tukang kebun sekolah atau petani.
 - Contoh tes PG dan Essay :
 - Induk kambing melahirkan anaknya. Kambing memilii cirri makhluk hidup, yaitu…
 - Memerlukan makanan
 - Bergerak
 - Berkembang biak
 - Sebutkan ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup ?
 
| Teknik | Bentuk instrumen | 
| Tes unjuk kerja | Tes identifikasi uji petik kerja prosedur | 
| Tes tertulis | PG | 
| - | Essay | 

