RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Oleh :
INGGRIANI ANDEWI PRAYOGI (09141108)
PGSD / VIC
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
IKIP PGRI MADIUN
2012
Sekolah : SDN Sidomulyo 02 Kec.Wonoasri Kab.Madiun
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam )
Kelas : III (Tiga)
Semester : I (Satu)
Tema : Keragaman
_______________________________________________________________________Standar Kompetensi : Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup.
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi cirri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup.
- Indicator :
- Menyebutkan ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup.
- Membedakan antara makhluk hidup dan makhluk tak hidup berdasarkan pengamatan ciri-cirinya.
- Melakukan wawancara dengan tukang kebun untuk mengetahui cara merawat tumbuhan dengan baik.
- Mempraktekkan cara merawat tumbuhan dan hewan dengan baik.
- Melakukan percobaan cara menanam tumbuhan.
- Materi Pokok/Pembelajaran :
- Ciri-ciri makhluk hidup.
- Kebutuhan makhluk hidup.
- Perbedaan makhluk hidup dengan makhluk tak hidup.
- Mempersiapkan pertanyaan untuk wawancara.
- Percobaaan mengamati pertumbuhan makhluk hidup.
- Metode Pembelajaran :
- Model Pembelajaran :
- Direct Instruction (ID)
- Cooperative Learning (CL)
- Metode :
- Demonstrasi
- Eksperimen
- Diskusi Tanya Jawab
- Langkah-langkah Kegiatan :
- Pertemuan pertama :
- Kegiatan Pendahuluan :
- Motivasi : Tanyakan pada siswa apakah mereka pernah mengunjungi kebun binatang.
- Pengetahuan Prasyarat : Ajukan pertanyaan di kebun binatang tersebut apa saja yang termasuk makhluk hidup dan makhluk tak hidup.
- Kegiatan Inti :
- Guru membagi peserta didik secara berpasangan.
- Guru mengarahkan jawaban pertanyaan dengan meminta peserta didik untuk membuka dan membaca buku siswa.
- Guru mempresentasikan pengetahuan deklaratif tentang cirri-ciri makhluk hidup.
- Guru mempresentasikan pengetahuan deklaratif tentang kebutuhan mkhluk hidup.
- Guru meminta peserta didik mengerjakan LKS yang sudah disiapkan oleh guru.
- Guru memeriksa kegiatan peserta didik apakah siswa sudah dapat mengerjakan dengan benar, apabila belum guru dapat langsung memberikan bimbiungan.
- Kegiatan Penutup :
- Memberi penghargaan pada kelompok yang bekerja dengan baik.
- Membimbing siswa merangkum pelajaran.
- Uji kompetensi tertulis
- Perhatikan hewan disekitarmu. Sebutkan jenis makanan hewan tersebut!
- Induk kambing melahirkan anaknya. Kambing memiliki ciri makhluk hidup, yaitu…
- Memerlukan makanan
- Bergerak
- Berkembang biak
- Pertemuan kedua :
- Kegiatan Pendahuluan :
- Motivasi : Tanyakan pada siswa tenang tanaman dan hewan peliharaannya.
- Pengetahuan Prasyarat : Ajukan pertanyaan tentang tujuan manusia memelihara tanaman.
- Kegiatan Inti :
- Guru membagi siswa secara berpasangan.
- Guru mengarahkan pertanyaan-pertanyaan untuk wawancara.
- Guru meminta peserta didik untuk wawancar kepada tukang kebun sekolah atau petani dekat sekolah.
- Guru mendemonstrasikan cara menanam biji tomat dan biji cabe.
- Guru meminta sisw mengerjakan LKS yang sudah disiapkan oleh guru.
- Guru memeriksa pekerjaan siswa apakah sudah dapat mengerjakan dengan benar, apabila belum guru dapat langsung memberikan bimbingan.
- Kegiatan Penutup :
- Guru memberikan penghargaan pada kelompok yang bekerja dengan baik
- Membimbing siswa merangkum peajaran.
- Uji kompetensi : Apa yang kamu lakukan apabila tanaman di halaman rumahmu layu ?
- Sumber Belajar :
- Buku IPA Kelas III SD dan MI.
- Gambar aneka hewan dan tumbuhan serta lingkungan sekitar.
- Tukang kebun/petani yang ada di sekolah.
- Penilaian Hasil Belajar :
- Teknik Penilaian dan Bentuk Instrumen :
- Contoh instrument :
- Soal tes identifikasi dan uji petik kerja prosedur :
- Siapkan biji cabe, biji tomat dan pot yang berisi tanah, siramlah lalu taburkan biji cabe dan tomat.
- Lakukan wawancara kepada tukang kebun sekolah atau petani.
- Contoh tes PG dan Essay :
- Induk kambing melahirkan anaknya. Kambing memilii cirri makhluk hidup, yaitu…
- Memerlukan makanan
- Bergerak
- Berkembang biak
- Sebutkan ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup ?
Teknik | Bentuk instrumen |
Tes unjuk kerja | Tes identifikasi uji petik kerja prosedur |
Tes tertulis | PG |
- | Essay |