Berita Terbaru :
Thursday, October 25, 2012

RPP SD IPS Kelas III Semester I

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)



Oleh :

INNGRIANI ANDEWI PRAYOGI (09141108)
PGSD / IIIC


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
IKIP PGRI MADIUN
2010



Sekolah : Sidomulyo 02 Kec.Wonoasri Kab.Madiun
Mata Pelajaran : IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)
Kelas : III(Tiga)
Semester : 1(Satu)
Tema : Pekerjaan
___________________________________________________________________

Standar Kompetensi : Memahami lingkungan dan melaksanakan kerja sama disekitar rumah dan di sekolah.

Kompetensi Dasar : Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah.
  1. Indicator :
    1. Mengidentifikasi contoh-contoh lingkungan alam.
    2. Mengidentifikasi contoh-contoh lingkungan buatan.
    3. Menyebutkan cara-cara merawat/memelihara lingkungan alam dan buatan.
    4. Membandingkan lingkungan alam yang terawat dan yang tidak terawat.
    5. Membandingkan lingkungan butan yang terawat dan tidak terawat.
    Alokasi WaktU : 3 x 35 Menit
  2. Tujuan Pembelajaran :
  3. Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
    1. Mengidentifikasi contoh-contoh lingkungan alam alami dan buatan.
    2. Menyebutkan cara-cara merawat/memelihara lingkungan alam alami dan buatan.
    3. Membandingkan lingkungan alam alami dan buatan yang terawat dan yang tidak terawat.
  4. Materi Pembelajaran :
    Lingkungan sekitar.
  5. Metode :
    1. Ceramah
    2. Tanya jawab
    3. Diskusi
    4. Tugas
    5. Inquiri
  6. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
    1. Pendahuluan :
      1. Berdoa bersama dilanjutkan absensi.
      2. Tanya jawab sebagai apersepsi.
      3. Menyanyikan syair lagu “Naik-naik Ke Puncak Gunung” secara bersama-sama. Hal ini dimaksudkan untuk menarik daya imajinasi siswa tentang kenampakan alam alami dan buatan.
    2. Kegiatan Inti :
      1. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran, kompetensi yang harus dicapai oleh siswa, dilanjutkan dengan menyajikan materi pelajaran.
      2. Guru membentuk kelompok yang beranggotakan 4 orang dan menyajikan beberapa gambar yang menunjukkan lingkungan alam dan buatan, gambar yang menunjukkan lingkungan terawat dan tidak terawat.
      3. Tiap kelompok di suruh membedakan dan mengidentifikasi perbedaan antara lingkungan alam dan lingkungan buatan.
      4. Setiap kelompok mendiskusikan bagaimana cara merawat lingkungan alam yang baik dan benar.
      5. Hasil diskusi kelompok didiskusikan lagi secara bersama-sama yang dibimbing oleh guru.
      6. Guru dan siswa bersama-sama menarik kesimpulan.
    3. Penutup :
      1. Memberikan evaluasi pada siswa tentang materi yang baru disajikan.
      2. Refleksi ( misalnya : anak-anak apa kesan kalian setelah mengikuti kegiatan ini? ).
      3. Melaksanakan penilaian dengan memberikan soal-soal tes yang harus dikerjakan oleh siswa.
    4. Sumber dan Media Pembelajaran :
      1. Buku IPS Kelas III.
      2. Foto/gambar lingkungan alam dan buatan.
      3. Gambar cara-cara merawat lingkungan.
  7. Penilaian:
    1. Teknik penilaian:
      1. Tes tertulis
      2. Tes unjuk kerja
    2. Bentuk Instrumen:
      Tes uraian
    3. Soal/Instrumen:
      Tes Uraian
      1. Jelaskan pengertian lingkungan ?
      2. Jelaskan pebedaaan lingkungan alam alami dan lingkungan alam buatan ?
      3. Sebutkan 3 contoh lingkungan alam alami yang ada di sekitar rumah mu ?
      4. Sebutkan 3 contoh lingkungan alam buatan yang ada di sekitar rumah mu ?
      5. Sebutkan 3 contoh cara merawat lingkungan alam ?

Comments
0 Comments

Post a Comment