RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Oleh :
INNGRIANI ANDEWI PRAYOGI (09141108)
PGSD / IIIC
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
IKIP PGRI MADIUN
2010
Sekolah : Sidomulyo 02 Kec.Wonoasri Kab.Madiun
Mata Pelajaran : IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)
Kelas : III(Tiga)
Semester : 1(Satu)
Tema : Pekerjaan
___________________________________________________________________Standar Kompetensi : Memahami lingkungan dan melaksanakan kerja sama disekitar rumah dan di sekolah.
Kompetensi Dasar : Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah.
- Indicator :
- Mengidentifikasi contoh-contoh lingkungan alam.
- Mengidentifikasi contoh-contoh lingkungan buatan.
- Menyebutkan cara-cara merawat/memelihara lingkungan alam dan buatan.
- Membandingkan lingkungan alam yang terawat dan yang tidak terawat.
- Membandingkan lingkungan butan yang terawat dan tidak terawat.
- Tujuan Pembelajaran : Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
- Mengidentifikasi contoh-contoh lingkungan alam alami dan buatan.
- Menyebutkan cara-cara merawat/memelihara lingkungan alam alami dan buatan.
- Membandingkan lingkungan alam alami dan buatan yang terawat dan yang tidak terawat.
- Materi Pembelajaran :
Lingkungan sekitar.
- Metode :
- Ceramah
- Tanya jawab
- Diskusi
- Tugas
- Inquiri
- Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
- Pendahuluan :
- Berdoa bersama dilanjutkan absensi.
- Tanya jawab sebagai apersepsi.
- Menyanyikan syair lagu “Naik-naik Ke Puncak Gunung” secara bersama-sama. Hal ini dimaksudkan untuk menarik daya imajinasi siswa tentang kenampakan alam alami dan buatan.
- Kegiatan Inti :
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran, kompetensi yang harus dicapai oleh siswa, dilanjutkan dengan menyajikan materi pelajaran.
- Guru membentuk kelompok yang beranggotakan 4 orang dan menyajikan beberapa gambar yang menunjukkan lingkungan alam dan buatan, gambar yang menunjukkan lingkungan terawat dan tidak terawat.
- Tiap kelompok di suruh membedakan dan mengidentifikasi perbedaan antara lingkungan alam dan lingkungan buatan.
- Setiap kelompok mendiskusikan bagaimana cara merawat lingkungan alam yang baik dan benar.
- Hasil diskusi kelompok didiskusikan lagi secara bersama-sama yang dibimbing oleh guru.
- Guru dan siswa bersama-sama menarik kesimpulan.
- Penutup :
- Memberikan evaluasi pada siswa tentang materi yang baru disajikan.
- Refleksi ( misalnya : anak-anak apa kesan kalian setelah mengikuti kegiatan ini? ).
- Melaksanakan penilaian dengan memberikan soal-soal tes yang harus dikerjakan oleh siswa.
- Sumber dan Media Pembelajaran :
- Buku IPS Kelas III.
- Foto/gambar lingkungan alam dan buatan.
- Gambar cara-cara merawat lingkungan.
- Penilaian:
- Teknik penilaian:
- Tes tertulis
- Tes unjuk kerja
- Bentuk Instrumen:
Tes uraian
- Soal/Instrumen:
Tes Uraian
- Jelaskan pengertian lingkungan ?
- Jelaskan pebedaaan lingkungan alam alami dan lingkungan alam buatan ?
- Sebutkan 3 contoh lingkungan alam alami yang ada di sekitar rumah mu ?
- Sebutkan 3 contoh lingkungan alam buatan yang ada di sekitar rumah mu ?
- Sebutkan 3 contoh cara merawat lingkungan alam ?