Berita Terbaru :
Thursday, October 25, 2012

RPP SD IPA Kelas III Semester I

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Oleh :
INGGRIANI ANDEWI PRAYOGI (09141108)
PGSD / VIC

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
IKIP PGRI MADIUN
2012



Sekolah : SDN Sidomulyo 02 Kec.Wonoasri Kab.Madiun
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam )
Kelas : III (Tiga)
Semester : I (Satu)
Tema : Keragaman
_______________________________________________________________________

Standar Kompetensi : Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup.

Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi cirri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup.

  1. Indicator :
    1. Menyebutkan ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup.
    2. Membedakan antara makhluk hidup dan makhluk tak hidup berdasarkan pengamatan ciri-cirinya.
    3. Melakukan wawancara dengan tukang kebun untuk mengetahui cara merawat tumbuhan dengan baik.
    4. Mempraktekkan cara merawat tumbuhan dan hewan dengan baik.
    5. Melakukan percobaan cara menanam tumbuhan.
    Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran
  2. Materi Pokok/Pembelajaran :
    1. Ciri-ciri makhluk hidup.
    2. Kebutuhan makhluk hidup.
    3. Perbedaan makhluk hidup dengan makhluk tak hidup.
    4. Mempersiapkan pertanyaan untuk wawancara.
    5. Percobaaan mengamati pertumbuhan makhluk hidup.
  3. Metode Pembelajaran :
    1. Model Pembelajaran :
      1. Direct Instruction (ID)
      2. Cooperative Learning (CL)
    2. Metode :
      1. Demonstrasi
      2. Eksperimen
      3. Diskusi Tanya Jawab
  4. Langkah-langkah Kegiatan :
    1. Pertemuan pertama :
      1. Kegiatan Pendahuluan :
        1. Motivasi : Tanyakan pada siswa apakah mereka pernah mengunjungi kebun binatang.
        2. Pengetahuan Prasyarat : Ajukan pertanyaan di kebun binatang tersebut apa saja yang termasuk makhluk hidup dan makhluk tak hidup.
      2. Kegiatan Inti :
        1. Guru membagi peserta didik secara berpasangan.
        2. Guru mengarahkan jawaban pertanyaan dengan meminta peserta didik untuk membuka dan membaca buku siswa.
        3. Guru mempresentasikan pengetahuan deklaratif tentang cirri-ciri makhluk hidup.
        4. Guru mempresentasikan pengetahuan deklaratif tentang kebutuhan mkhluk hidup.
        5. Guru meminta peserta didik mengerjakan LKS yang sudah disiapkan oleh guru.
        6. Guru memeriksa kegiatan peserta didik apakah siswa sudah dapat mengerjakan dengan benar, apabila belum guru dapat langsung memberikan bimbiungan.
      3. Kegiatan Penutup :
        1. Memberi penghargaan pada kelompok yang bekerja dengan baik.
        2. Membimbing siswa merangkum pelajaran.
        3. Uji kompetensi tertulis
          1. Perhatikan hewan disekitarmu. Sebutkan jenis makanan hewan tersebut!
          2. Induk kambing melahirkan anaknya. Kambing memiliki ciri makhluk hidup, yaitu…
            1. Memerlukan makanan
            2. Bergerak
            3. Berkembang biak
    2. Pertemuan kedua :
      1. Kegiatan Pendahuluan :
        1. Motivasi : Tanyakan pada siswa tenang tanaman dan hewan peliharaannya.
        2. Pengetahuan Prasyarat : Ajukan pertanyaan tentang tujuan manusia memelihara tanaman.
      2. Kegiatan Inti :
        1. Guru membagi siswa secara berpasangan.
        2. Guru mengarahkan pertanyaan-pertanyaan untuk wawancara.
        3. Guru meminta peserta didik untuk wawancar kepada tukang kebun sekolah atau petani dekat sekolah.
        4. Guru mendemonstrasikan cara menanam biji tomat dan biji cabe.
        5. Guru meminta sisw mengerjakan LKS yang sudah disiapkan oleh guru.
        6. Guru memeriksa pekerjaan siswa apakah sudah dapat mengerjakan dengan benar, apabila belum guru dapat langsung memberikan bimbingan.
      3. Kegiatan Penutup :
        1. Guru memberikan penghargaan pada kelompok yang bekerja dengan baik
        2. Membimbing siswa merangkum peajaran.
        3. Uji kompetensi : Apa yang kamu lakukan apabila tanaman di halaman rumahmu layu ?
  5. Sumber Belajar :
    1. Buku IPA Kelas III SD dan MI.
    2. Gambar aneka hewan dan tumbuhan serta lingkungan sekitar.
    3. Tukang kebun/petani yang ada di sekolah.
  6. Penilaian Hasil Belajar :
    1. Teknik Penilaian dan Bentuk Instrumen :
    2. Teknik Bentuk instrumen
      Tes unjuk kerja Tes identifikasi uji petik kerja prosedur
      Tes tertulis PG
      - Essay
    3. Contoh instrument :
      1. Soal tes identifikasi dan uji petik kerja prosedur :
        1. Siapkan biji cabe, biji tomat dan pot yang berisi tanah, siramlah lalu taburkan biji cabe dan tomat.
        2. Lakukan wawancara kepada tukang kebun sekolah atau petani.
      2. Contoh tes PG dan Essay :
        1. Induk kambing melahirkan anaknya. Kambing memilii cirri makhluk hidup, yaitu…
          1. Memerlukan makanan
          2. Bergerak
          3. Berkembang biak
        2. Sebutkan ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup ?

Comments
0 Comments

Post a Comment