Berita Terbaru :
Tuesday, October 16, 2012

Syarat Penyusunan Buku Guru

BUKU GURU

A.    Pengertian Buku Guru
Buku ajar merupakan salah satu sarana keberhasilan pelaksanaan proses belajar mengajar. Buku ajar merupakan satu kesatuan unit pembelajaran yang berisi informasi, pembahasan serta evaluasi. Bahan ajar yang tersusun secara sistematis akan mempermudah peserta didik dalam mempelajari materi sehingga mendukung ketercapaian tujuan pembelajaran. Maka dari itu, bahan ajar harus disusun secara sistematis, menarik, aspek keterbacaannya tinggi, mudah dicerna, dan mematuhi aturan penulisan yang berlaku.
Buku guru adalah buku yang digunakan oleh guru sebagai sumber acuan dalam pelaksanaan proses pembelajaran bagi siswanya.( I NP Suwindra, Penyusunan Buku Ajar oleh Guru)

B.       Syarat Buku Guru
Syarat buku guru adalah sebagai berikut:
Ø Buku guru seharusnya terdapat pendekatan dan teknik dalam mengajar.
Ø Materi dalam buku guru seharusnya lebih terperinci dan ada pendalaman materi dari buku siswa.
Ø Ada keterngan-keterngan yang dilakukan guru dalam mengajar.
Ø Buku guru sebaiknya dikembangkan sendiri oleh guru.

C.      Manfaat Buku Guru
Pengajar memiliki kebebasan dalam memilih, mengembangkan, dan menyajikan materi. Semua itu merupakan wewenang dan kewajiban profesionalnya. Buku guru yang baik juga memberikan sejumlah alternatif materi yang dapat digabungkan dengan materi dari sejumlah sumber lainnya. Cara penyajian dalam sebuah buku guru dapat dijadikan contoh untuk menyajikan bahan dalam kegiatan pembelajaran siswa.

D.      Proses Penyusunan Buku Guru
Proses penyusunan buku guru akan melalui beberapa tahap sebagai berikut:
a)      Telaah kurikulum,
b)      Penyusunan silabus,
c)      Pengorganisasian buku,
d)     Pemilihan materi,
e)      Penyajian materi, dan
f)       Penggunaan bahasa dan keterbacaan

Pemilihan materi yang akan dibahas pada setiap bab buku guru perlu disesuaikan dengan ukuran-ukuran standar berikut ini:
a)      Pemilihan materi standar sesuai dengan kurikulum
b)      Pemilihan materi ditinjau dari segi tujuan pendidikan
c)      Pemilihan materi ditinjau dari segi keilmuan
d)     Pemilihan materi dilihat relevansinya dengan perkembangan ilmu dan teknologi

Comments
0 Comments

Post a Comment