Berita Terbaru :
Tuesday, October 16, 2012

Media Bahasa Indonesia Ranah Membaca


Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Pada Ranah Membaca Kelas IV Semester I

1.  SK: 3. Memahami teks agak panjang (150-200 kata), petunjuk pemakaian, makna kata dalam kamus/ensiklopedi.

2.      KD: 3.2 Melakukan sesuatu berdasarkan petunjuk pemakaian yang dibaca.

3.   Syarat  media menurut Sumadi (2001:35–36) mengatakan prinsip untuk menentukan media dalam bahasa adalah sebagai berikut:

a.    Fungsional, artinya cocok dengan tujuan pembelajaran yang dilakukan dan benar-benar menunjang ketercapaian tersebut.
b.     Tersedia, artinya media yang akan digunakan ada, sudah disiapkan, dan tidak sulit untuk di dapatkan.
c.   Murah, artinya media yang digunakan tidak harus mahal tetapi terjangkau dan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.
d.  Menarik, artinya media yang digunakan adalah media menarik dan sesuai dengan kebutuhan siswa.
e.   Mudah diikuti siswa, cerita atau bacaaan yang disajikan berupa bacaan yang mudah diterima anak SD, baik dalam bahasa, penulisan ataupun pemahamannya.
f.    Konstektual ( dikenal oleh anak) , bahan bacaan yang diberikan hendaknya bacaannya tidak dianggap asing atau tabu oleh anak SD.

4.    Broghton (et.al) 1978:211 dalam Tarigan 1978:12 – 13 menyebutkan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menetapkan bahan pembelajaran membaca yaitu:
a.       Sesuai dengan atau dapat menunujang tercapainya tujuan pembelajaran.
b.      Sesuai dengan tingkat pendidikan dan perkembangan siswa pada umumnya.
c.       Terorganisasi secara sistematik dan berkesinambungan.
d.      Mencakup hal-hal yang bersifat faktual maupun konseptual.

5.  Bentuk Media yang digunakan yaitu  media visual: media yang hanya dapat dilihat saja, tidak mengandung unsur suara.
Contoh : Bungkus Mie Instan, bungkus obat.

6.     Contoh Pembelajaran
Pada kelas IV semester I terdapat KD mengenai melakukan sesuatu berdasarkan petunjuk yang telah  dibaca, dalam pembelajarannya guru dapat  menggunakan media dari berbagai barang bekas, misalnya bungkus mie, bungkus obat, dan lain-lain yang dimanfaatkan untuk kegiatan membaca dan menemukan informasi penting dari berbagai barang bekas tersebut. Pada pembelajaran ini guru menggunakan teknik membaca scanning.

Comments
0 Comments

Post a Comment