Analisis Penggunaan
Media Pembelajaran Pada Ranah Membaca Kelas IV Semester I
1. SK:
3. Memahami teks agak panjang (150-200 kata), petunjuk pemakaian, makna kata
dalam kamus/ensiklopedi.
2.
KD:
3.2 Melakukan sesuatu berdasarkan petunjuk pemakaian yang dibaca.
3. Syarat media menurut Sumadi (2001:35–36) mengatakan
prinsip untuk menentukan media dalam bahasa adalah sebagai berikut:
a. Fungsional,
artinya cocok dengan tujuan pembelajaran yang dilakukan dan benar-benar menunjang
ketercapaian tersebut.
b. Tersedia,
artinya media yang akan digunakan ada, sudah disiapkan, dan tidak sulit untuk
di dapatkan.
c. Murah,
artinya media yang digunakan tidak harus mahal tetapi terjangkau dan sesuai
dengan kemampuan yang dimiliki.
d. Menarik,
artinya media yang digunakan adalah media menarik dan sesuai dengan kebutuhan
siswa.
e. Mudah
diikuti siswa, cerita atau bacaaan yang disajikan berupa bacaan yang mudah
diterima anak SD, baik dalam bahasa, penulisan ataupun pemahamannya.
f. Konstektual
( dikenal oleh anak) , bahan bacaan yang diberikan hendaknya bacaannya tidak
dianggap asing atau tabu oleh anak SD.
4. Broghton
(et.al) 1978:211 dalam Tarigan 1978:12 – 13 menyebutkan ada beberapa hal yang
perlu diperhatikan dalam menetapkan bahan pembelajaran membaca yaitu:
a.
Sesuai
dengan atau dapat menunujang tercapainya tujuan pembelajaran.
b.
Sesuai
dengan tingkat pendidikan dan perkembangan siswa pada umumnya.
c.
Terorganisasi
secara sistematik dan berkesinambungan.
d.
Mencakup
hal-hal yang bersifat faktual maupun konseptual.
5. Bentuk
Media yang digunakan yaitu media visual: media
yang hanya dapat dilihat saja, tidak mengandung unsur suara.
Contoh : Bungkus Mie
Instan, bungkus obat.
6. Contoh Pembelajaran
Pada
kelas IV semester I terdapat KD mengenai melakukan sesuatu berdasarkan petunjuk
yang telah dibaca, dalam pembelajarannya
guru dapat menggunakan media dari
berbagai barang bekas, misalnya bungkus mie, bungkus obat, dan lain-lain yang
dimanfaatkan untuk kegiatan membaca dan menemukan informasi penting dari
berbagai barang bekas tersebut. Pada pembelajaran ini guru menggunakan teknik
membaca scanning.