TUGAS
PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH
Oleh :
INGGRIANI ANDEWI PRAYOGI
NPM. 09.141.108/ 7C
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
IKIP PGRI MADIUN
2013
JUDUL
PENDAHULUAN
Ditemukan fakta bahwa siswa SDN Nglames 01 memiliki daya tarik membaca yang sangat kurang. Ditunjukkan dengan adanya sikap acuh tak acuh atas didirikannya perpustakaan sekolah menandai bahwa siswa kurang gemar membaca. Apalagi ditambah dengan pemanfaatan perpustakaan yang kurang maksimal membuat rasa malas membaca itu betah bertahan dalam pikiran siswa.
SDN Nglames 01 mempunyai sebuah perpustakaan yang cukup dan memadai apabila dimanfaatkan dengan baik dan benar. Namun pada kenyataannya perpustakaan ini hanya digunakan sebagai pelengkap sarana dan prasarana sekolah saja. Sebelum mahasiswa PPL hadir di SDN Nglames 01, ruang perpustakaan hanya ditutup sehari-harinya. Tanpa memberikan kesempatan siswa untuk membaca buku di dalamnya dan menggali ilmu. Perpustakaan hanya dibuka ketika diadakan rapat KKG atau pertemuan lainnya yang dilakukan oleh antar guru. Dengan demikian sudah terlihat jelas bahwa minat baca siswa rendah, dan guru kurang mendukung adanya pengelolaan dan pemanfaatan perpustakaan yang ada di sekolah tersebut.
Proses pemecahan masalah dilakukan secara kolaborasi antara peneliti dengan rekan sejawat bersama guru, peneliti bekerja secara tim mulai dari persiapan, pelaksanaan dan pelaporan.
Dari latar belakang di atas maka peneliti berupaya untuk meningkatkan budaya gemar membaca melalui rolling book. Dengan adanya rolling book diduga siswa akan aktif membaca, lebih bebas dalam meminjam buku tanpa rasa malu karena yang bertindak sebagai petugas adalah siswa sendiri dan perpustakaan ini dari, oleh dan untuk siswa.
RUMUSAN MASALAH DAN PEMECAHANNYA
a. Rumusan masalah
Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka rumusan masalah ini dirumuskan sebagai berikut:
a) Apakah manfaat rolling book bagi siswa SDN Nglames 01?
b) Bagaimana penerapan rolling book dapat meningkatkan budaya gemar membaca pada siswa SDN Nglames 01?
b. Pemecahan masalah
Untuk mengatasi rendahnya gemat membaca bagi siswa SDN Nglames 01, akan diadakan penerapan rolling book. Langkah-langkahnya adalah:
(1) peneliti akan mensosialisasikan tentang adanya rolling book di SDN Nglames 01
(2) mendemonstrasikan bagaimana penerapan rolling book di SDN Nglames 01
(3) kemudian peneliti akan menunjuk siswa dari kelas 4, 5, 6 sebagai petugas rolling book secara bergantian
(4) setiap hari pada jam istirahat petugas wajib mengunjungi tiap-tiap kelas untuk menawarkan buku bacaan pada siswa dengan jadwal 1 minggu tiap anak
(5) setelah anak selesai membaca, wajib mengembalikan buku dan membuat ringkasan dari apa yang telah dibacanya
(6) kemudian ringkasan tersebut ditempelkan di majalah dinding tiap kelas yang telah disediakan beserta nama siswa
(7) kegiatan tersebut akan menandakan bahwa siswa benar-benar membaca dan menarik minat untuk tidak mau kalah saingan dengan temannya karena harus membuat ringkasan di majalah dinding
(8) guru mengamati, dan memberikan reward pada siswa agar siswa merasa dihargai serta menjadi semakin termotivasi
TUJUAN
Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan penelitian ini dirumuskan sebagai berikut:
a. Mendeskripsikan manfaat rolling book bagi siswa SDN Nglames 01.
b. Mendeskripsikan penerapan rolling book untuk meningkatkan budaya gemar membaca pada siswa SDN Nglames 01.
MANFAAT PENELITIAN
Hasil penelitian akan memberikan sumbangan yang bersifat teoritik pada khasanah pengetahuan khususnya dalam bidang membaca bagi siswa. Di samping itu juga akan memberikan manfaat pada siswa antara lain: dalam pelaksanaan PTS siswa akan lebih aktif, merasa senang karena diadakannya rolling book, dan memotivasi siswa untuk gemar membaca. Manfaat bagi guru antara lain: apabila siswa gemar membaca tentu saja akan memperluas pengetahuan siswa dan akan memudahkan guru dalam penyampaian materi yang diterima oleh siswa.
KAJIAN PUSTAKA
a) Pengertian Membaca dan tujuan membaca
b) Jenis buku bacaan untuk anak SD
METODE PENELITIAN
Penelitian ini menggunakan rancangan peneliti tindakan kelas (PTK). PTK ini adalah penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar, perilaku ataupun pengetahuan siswa pada umumnya. Selain itu juga untuk memecahkan masalah yang ada dalam suatu sekolah tertentu.
Model pelaksanaan PTS ini menggunakan model PTK “guru sebagai peneliti” dengan acuan model siklus PTK yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart (1990), dengan gambaran sebagai berikut:
Siklus I terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi, dan perbaikan rencana.
Pada tahap perencanaan, peneliti melakukan studi pendahuluan dengan melakukan refleksi terhadap kebiasaan membaca siswa SDN Nglames 01. Peneliti berupaya mmengingat kembali berbagai peristiwa atau kegiatan yang dilakukan siswa ketika istirahat. mewawancarai siswa-siswa SDN Nglames 01 kegiatan apa saja yang dilakukan ketika mereka istirahat. di samping itu peneliti juga melakukan telaah dokumen-dokumen tentang kegiatan membaca. Peneliti juga menanyakan bagaimana pemanfaatan perpustakaan di SDN Nglames 01.
Studi pendahuluan tersebut menghasilkan permasalahan-permasalahan tentang minat baca siswa dan kurangnya pemanfaatan perpustakaan sekolah yang ada. Peneliti merasakan adanya masalah mengenai rendahnya minat baca siswa di SDN Nglames 01.
Berangkat dari masalah di atas, maka pada tahap perencanaan ini peneliti melakukan:
(1) pembuatan desain perencanaan rolling book
(2) persiapan cara kerjanya
(3) menyiapkan instrumen untuk pengumpulan data berupa pengamatan, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi.
Pada tahap tindakan dan observasi, peneliti mempraktikkan penerapan rolling book sesuai desain yang telah disusun sebelumnya. Peneliti merekam berbagai peristiwa dan kegiatan yang dilakukan siswa ketika istirahat. Peneliti membuat catatn-catatan hasil pengamatan dan mendokumentasikan hasil dari pengamatan yang dilakukan oleh peneliti.
Pada tahap refleksi, peneliti melakukan refleksi dari hasil pengamatan yang telah dilakukan pada tahap tindakan dan observasi. Refleksi dimaksudkan untuk melakukan berfikir ulang terhadap apa yang sudah dilakukan, apa yag belum dilakukan, apa yang sudah dicapai, apa yang belum dicapai, apakah maslah sudah terpecahkan atau belum, jika belum maka dilanjutkan pada siklus ke 2.
JADWAL PENELITIAN
Penelitian dilaksanakan di SDN Nglames 01 Kec. Madiun, kab Madiun tindakan berdasarkan refleksi yang ditulis pada proposal dilaksanakan pada tanggal 15 September sampai 28 September 2012, dikerjakan setiap hari Sabtu. Pelaksanaan tindakan dikerjakan mulai pada tanggal 1 Nopember sampai 14 Nopember 2012. Tindakan ini dilaksanakan setiap hari dengan cara bergilir dari kelas satu ke kelas lainnya.
DAFTAR PUSTAKA
Drs. Edy Siswanto.2012. Penelitian Tindakan Kelas.Madiun:IKIP PGRI Madiun
http://20211867.siap-sekolah.com/2012/04/14/pengertian-dan-tujuan-membaca/ diakses pada tanggal 29 Nopember 2012
http://www.tempo.co/read/news/2012/01/12/079377034/Hanya-1-dari-10-Ribu-Warga-Indonesia-Suka-Membaca diakses pada tanggal 26 Oktober 2012
http://www.anitacemerlang.com/tips/kesehatan/178-memilih-bacaan-untuk-sibuah-hati.html diakses pada tanggal 29 Oktober 2012
Alhamdullilah atas rahmat Alloh tugas individu PTK bisa aku seleseikan,, untuk sahabat UPHiL n RAGHieL yang ingin mendonwload posting saya ini dalam format Word bisa klik Disini dan untuk format Power Point bisa klik Disini. Semoga bermanfaat, maju terus Pendidikan Indonesia..!!