Berita Terbaru :
Tuesday, October 16, 2012

Membaca sastra di SD kelas IV semester I


Membaca sastra di SD kelas IV semester I

1.      Membaca satra puisi
Dalam membaca  puisi  merupakan jenis membaca estetis, yang mana dalam membaca puisi hal-hal yang ditekankan adalah ekspresi yang  meliputi mimik, pantomimik, penghayatan, emosi. Misalnya pada kelas IV semester I terdapat materi “membaca puisi”.
Pada dasarnya, kegiatan membaca puisi merupakan upaya apresiasi puisi. Secara tidak langsung, bahwa dalam membaca puisi, pembaca akan berusaha mengenali, memahami, menggairahi, memberi pengertian, memberi penghargaan, membuat berpikir kritis, dan memiliki kepekaan rasa. Semua aspek dalam  karya sastra dipahami, dihargai bagaimana persajakannya, irama, citra, diksi, gaya bahasa, dan apa saja yang dikemukakan oleh media. Pembaca akan berusaha untuk menerjemahkan bait perbait untuk merangkai makna dari makna puisi yang hendak disampaikan pengarang. Pembaca memberi apresiasi, tafsiran, interpretasi terhadap teks yang dibacanya.  Setelah diperoleh pemahaman yang dipandang cukup, pembaca dapat membaca puisi.
Karena kata “membacakan” mengandung makna benefaktif, yaitu melakukan sesuatu pekerjaan  untuk orang lain, maka penyampaian bentuk yang mencerminkan isi harus dilakukan dengan total agar apresiasi pembaca terhadap makna dalam  puisi dapat tersampaikan dengan baik kepada pendengar. Makna yang telah didapatkan dari hasil apresiasi diungkapkan kembali melalui kegiatan membaca puisi. Dapat pula dikatakan sebagai suatu kegiatan transformasi dari apresiasi pembaca dengan karakter  pembacaannya, termasuk ekspresi terhadap penonton.

2.      Membaca satra cerpen
Dalam membaca sebuah cerpen siswa ditekankan untuk mengetahui isi dari bacaan yang telah dibacanya. Dalam kegiatan ini merupakan membaca pemahaman, yang ditekankan adalah penguasaan isi. Artinya setelah siswa melakukan kegiatan membaca, siswa dapat menceritakan kembali apa isi bacaan tersebut.

3.      Membaca satra pantun
Dalam membaca sebuah pantun siswa yang ditekankan adalah intonasi, penjedaan. Artinya nada atau intonasi siswa dapat sesuai dengan isi pantun yang dibacakannya.

Comments
0 Comments

Post a Comment