PROGRAM
KREATIFITAS MAHASISWA
BIMBINGAN BELAJAR
UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR SEBAGAI ALTERNATIF JAM BELAJAR TAMBAHAN SISWA DI DESA
BAGI KECAMATAN MADIUN KABUPATEN MADIUN
BIDANG KEAHLIAN
PKM KEWIRAUSAHAAN (PKM-K)
Oleh:
INGGRIANI ANDEWI P (09141108/VI C)
INSTITUT KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA
MADIUN
2012
HALAMAN PENGESAHAN
1. Judul : Bimbingan Belajar Untuk Siswa Sekolah Dasar
Sebagai Alternatif Jam Belajar Tambahan Di Desa Bagi
- Bidang Kegiatan : PKM-K
- Bidang Ilmu : Pendidikan
- Pelaksana Kegiatan
a.
Nama : Ingggriani Andewi Prayogi
b.
NPM : 09141.108
c.
Jurusan : Pendidikan Guru Sekolah Dasar
d.
Perguruan Tinggi :
IKIP PGRI MADIUN
e.
Alamat Rumah : Ds.Bagi Rt.11 Rw.02 Kec/kab Madiun
f.
No.Telp/Hp : 085736500023
- Dosen Pembimbing
a.
Nama : Drs. Abraham
Nurcahyo, M.Hum
b.
Jenis Kelamin : Laki-laki
c.
NIK : 110 398
d.
Fakultas/Jurusan : FP IPS
e. Alamat : Jln. Setiabudi
No. 85 Madiun
f. No
Telp/Hp : (0351) 472721
- Biaya:
a. Sumber Dikti : -
b. Sumber Lain : -
- Jangka Waktu Pelaksanaan : 4 Bulan
Madiun, 19 Mei 2012
Mengetahui:
Ketua Program Studi
Drs. Ibadullah Malawi, M.Pd
NIK.
110070
|
Pelaksana
Kegiatan
Inggriani Andewi P
NPM. 09141.108
|
Mengetahui:
Pembantu Rektor III
Drs. Nurhadji
Nugraha, S.Pd, M.M
NIK. 110028
|
Dosen Pembimbing
Drs. Abraham nurcahyo, M.Hum |
- Judul Program
Bimbingan Belajar Sekolah Dasar
Sebagai Alternatif Jam Belajar Tambahan Siswa Di Desa Bagi
- Latar Belakang Masalah
Pendidikan
yang semakin mengalami kemunduran disebabkan dari pola asuh orang tua yang
kurang memperhatikan jam belajar pada anak-anaknya. Pada umumnya siswa saat ini
hanya belajar jika berada di sekolah saja. Sedangkan di rumah waktu mereka
dihabiskan untuk bermain dan bersenang-senang. Orang tua pun saat ini sedang
sibuk berkarier dan mengurusi ekonomi dalam keluarga. Sehingga anak kurang
diperhatikan dalam hal belajar. Hal ini membuat siswa malas untuk belajar
dirumah dan anak hanya mempunyai jam belajar di sekolah saja. Banyak tugas
rumah yang sering dilupakan anak karena mereka tidak belajar dirumah dan tidak
mendapat perhatian dari orang tua.
Di
desa bagi banyak terdapat anak-anak usia sekolah dasar. Nampaknya mereka perlu
mendapatkan bantuan dari seorang guru yang dianggap tidak menakutkan agar
mereka dapat belajar dengan nyaman dan berani bertanya tanpa rasa takut.
Berdasarkan
masalah yang saya paparkan di atas membuat saya berpikir untuk dapat
meningkatkan cara prestasi siswa di sekolah dengan melalui “Bimbingan Belajar Untuk
Siswa Sekolah Dasar Sebagai Alternatif Jam Belajar Tambahan Di Desa Bagi
Kecamatan Madiun Kabupaten Madiun”.
- Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang diuraikan di muka maka
didapatkan masalah sebagai berikut:
1. Bagaimanakah proses persiapan pengadaan bimbingan belajar
untuk siswa sekolah dasar sebagai alternatif jam belajar tambahan?
2. Bagaimanakah proses pempublikasian bimbingan belajar
untuk siswa sekolah dasar sebagai alternatif jam belajar tambahan?
3. Bagaimanakah proses pelaksanaan bimbingan belajar untuk siswa
sekolah dasar sebagai alternatif jam belajar tambahan?
- Tujuan
1. Masyarakat dapat mengetahui proses persiapan pengadaan
bimbingan belajar untuk siswa sekolah dasar sebagai alternatif jam belajar
tambahan.
2. Masyarakat dapat mengetahui adannya bimbingan belajar
untuk siswa sekolah dasar sebagai alternatif jam belajar tambahan di desa Bagi.
3. Masyarakat
dapat mengetahui proses pelaksanaan bimbingan untuk siswa sekolah dasar sebagai alternatif jam belajar
tambahan.
- Luaran Yang diharapkan
Luaran yang diharapkan dari program ini adalah saya dapat
mengaplikasikan ilmu yang pernah saya peroleh selama di bangku kuliah. Selain
itu saya berharap dengan adanya program ini saya dapat membantu meringankan
beban siswa dalam mengatasi masalah tugas rumah yang diberikan guru dan
memberikan jam belajar tambahan siswa.
- Kegunaan Program
Hasil
dari Program kreatifitas kewirausahaan ini diharapkan masyarakat dapat
mengetahui adanya program bimbingan belajar di desa Bagi. Sehingga dapat
dimanfaatkan sebagai sarana belajar anak usia SD untuk meringankan beban
belajar yang dihadapi oleh para siswa di sekolah.
- Gambaran Umum Rencana Usaha
Bimbingan
belajar masih sangat diperlukan untuk membantu anak dalam mengatasi kesulitan
belajar ketika di sekolah. Keterbatasan waktu di sekolah membuat anak belajar
kurang maksimal. orang tua yang berpendidikan rendah biasanya kurang memperhatikan
jam belajar anaknya. Begitu pula dengan orang tua yang sibuk karena pekerjaan.
Sehingga semangat anak untuk belajar sangatlah rendah.
Dengan
adanya bimbingan belajar ini diharapkan dapat menambah jam belajar siswa dalam
mendalami materi dan menyelesaikan tugas
rumahnya. Orang tua yang kurang bisa memahami materi anaknya tidak perlu
bingung harus bagaimana. Mereka dapat memanfaatkan fasilitas bimbingan belajar
sebagai sarana belajar anak.
Dalam
hal publikasi saya memanfaatkan brosur yang disebar di daerah desa Bagi dan
sekitarnya. Dengan mendapatkan brosur tersebut diharapkan masyarakat dapat
bergabung untuk memanfaatkan program bimbingan belajar yang saya adakan.
- Metode Pelaksanaan Program
Metode
pelaksanaan dalam usaha bimbingan belajar ini adalah membuka bimbingan belajar
untuk siswa SD di rumah. Dimulai dari persiapan pengadaan bimbingan belajar
untuk siswa SD ini dilakukan oleh penulis. Pemasaran dan pelaksanaannya juga
dilakukan oleh penulis sendiri. Namun dalam jangka panjang, diharapkan program
bimbingan belajar ini mampu membantu siswa dalam menyelesaikan masalahnya
mengenai belajar di sekolah dan dapat memberikan semangat bagi siswa untuk
meraih prestasi yang baik di sekolah. Sehingga banyak diminati dan dapat
dimanfaatkan oleh masyarakat khususnya di desa Bagi.
- Jadwal Kegiatan
Kegiatan ini dilaksanakan dalam waktu 4 bulan dengan
rincian sebagai berikut:
No
|
Kegiatan
|
Bulan Ke -
|
|||
I
|
II
|
III
|
IV
|
||
1
|
Konsultasi Pembimbing
|
||||
2
|
Observasi lapangan
|
||||
3
|
Pengadaan alat dan bahan
|
||||
4
|
Pelaksanaan
program
|
||||
5
|
Evaluasi
program dan laporan
|
- Rancangan Biaya
1.
Pelaksanaan dan Operasional Awal Pembuatan Bimbingan
Belajar Komputer
Uraian
|
Jumlah
|
Harga
satuan (Rp.)
|
Besarnya
(Rp.)
|
Print
proposal
|
1 eks
|
Rp. 500,00
|
Rp. 5.000,00
|
Jilid
proposal
|
1 eks
|
Rp. 2000,00
|
Rp. 2.000,00
|
Fotocopy
proposal
|
1 eks
|
Rp. 1000,00
|
Rp. 1.000,00
|
Print
brosur
|
50 lbr
|
Rp. 1000,00
|
Rp.50.000,00
|
Total
|
Rp.58.000,00
|
2.
Biaya Peralatan
Penunjang
Uraian
|
Jumlah
|
Harga Satuan (Rp)
|
Besarnya (Rp)
|
Meja belajar mini
|
5
|
Rp. 25.000,00
|
Rp.125.000,00
|
Papan tulis
|
1
|
Rp. 75.000,00
|
Rp. 75.000,00
|
Spidol
|
3
|
Rp. 3.500,00
|
Rp. 10.500,00
|
Total
|
Rp. 210.500,00
|
Lampiran 1: Biodata pelaksana kegiatan dan Dosen Pendamping
BIODATA PELAKSANA KEGIATAN
1.
Nama : Inggriani
Andewi P
2.
NPM : 09141.108
3.
Tempat, Tanggal Lahir : Madiun, 8 Maret 1991
4.
Jenis Kelamin : Perempuan
5.
Fakultas/ Jurusan : FIP/ PGSD
6.
Perguruan Tinggi : IKIP PGRI Madiun
7.
Alamat Kampus : Jalan Setiabudi No 85 Madiun,
Telp. (0351) 462986
8.
Alamat Rumah : Desa Bagi RT. 11 RW. 02
Kec.Madiun Kab.Madiun
9.
No Telp./ HP : 085736500022
10. Email : dhewi.cute@yahoo.co.id
11. Riwayat
Pendidikan
No
|
Jenjang Pendididkan
|
Nama Lembaga
|
Lulus Tahun
|
1
|
SD
|
SDN Bagi 01
|
2003
|
2
|
SMP
|
SMPN 1 Balerejo
|
2006
|
3
|
SMA
|
SMAN 1 Nglames
|
2009
|
Madiun, 19 Mei 2012
Inggriani
Andewi P
NIM.
09141.108
BIODATA DOSEN
PENDAMPING
1.
Nama :
Drs. Abraham Nurcahyo, M.Hum
2.
NIK :
3.
Tempat, Tanggal Lahir :
4.
Jenis Kelamin :
Laki-laki
5.
Golongan :
6.
Perguruan Tinggal : IKIP
PGRI Madiun
7.
Alamat Kampus : Jalan Setiabudi No 85
Madiun, Telp. (0351)
462986
8.
Alamat Rumah :
9.
No. Telp./ HP :
10. Riwayat
Pendidikan :
No
|
Jenjang Pendididkan
|
Nama Lembaga
|
Lulus
Tahun
|
|
1
|
SD
|
|||
2
|
SMP
|
|||
3
|
SMA
|
|||
4
|
S1
|
|||
5
|
S2
|
|||
Madiun,
19 Mei 2012
( )
NIP.