Berita Terbaru :

WARNING...!! This Content for 18+

>>> BLOG SEDANG DI EDIT MAAF JIKA PENGUNJUNG TERGANGGU <<< www.uphilunyue.blogspot.com blog milik si Uphil Unyue-unyue | Silahkan KLIK jika ada yang ingin Anda KLIK | Silahkan BACA jika itu BERMANFAAT | Silahkan TUTUP jika blog ini tidak BERGUNA | Silahkan KOMENTAR jika Anda BERSEDIA | yang pasti TERIMA KASIH telah berkunjung di blog ini.

TENTANG KAMI

..Selamat Datang di Blog Milik si Uphil Unyue-unyue..

INGGRIANI ANDEWI PRAYOGI, S.Pd
Salam buat temen-temen Alumni SDN 1 BAGI, Alumni SMPN 1 BALEREJO, Alumni SMAN 1 NGLAMES dan temen-temen Alumni IKIP PGRI MADIUN

GHIBRATZ, S. Teler
Salam buat temen-temen Alumni SDN 2 SIDOMULYO, Alumni SMPN 1 WONOASRI, Alumni SMAN 1 MEJAYAN dan temen-temen Alumni UNMER MADIUN
Saturday, December 8, 2012

RPP Bahasa Indonesia SD-MI kelas 5 semester 1

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan    : Sekolah Dasar

Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia

Tema                           : Kegiatan

Sub Tema                   : Kegiatan yang Menyenangkan

Kelas / Semester  : V / I

Fokus                          : Berbicara

Waktu                         : 2 x 35 menit

A. Standar Kompetensi

2. Mengungkapkan pikiran, pendapat, perasaan, fakta secara lisan dengan menanggapi suatu persoalan,      menceritakan hasil pengamatan, atau berwawancara.

B. Kompetensi Dasar

2.2 Berwawancara sederhana dengan nara sumber ( petani, pedagang, nelayan, karyawan dll ) dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa.

C. Indikator

Kognitif Proses

1. Mengidentifikasi penjelasan yang didengar.

2. Merumuskan  hasil identifikasi penjelasan yang didengar.

Kognitif Produk

1. Menentukan topik dan nara sumber.

2. Menyusun daftar pertanyaan untuk wawancara sesuai dengan topik serta menggunakan kalimat tanya yang benar.

Psikomotor

1. Melakukan kegiatan wawancara berdasarkan daftar pertanyaan dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan bahasa yang santun.

2. Menulis laporan hasil wawancara.

Afektif

1. Mengembangkan perilaku karakter, meliputi:

a. Bekerja sama dengan baik.

b. Menghargai pendapat orang lain.

c. Bersikap sopan santun kepada orang lain.

d. Melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab.

2. Mengembangkan keterampilan sosial, meliputi:

a. Melakukan komunikasi secara lisan dengan orang lain.

b. Melakukan komunikasi secara tertulis.

D. Tujuan Pembelajaran

Kognitif Proses

1. Melalui diskusi kelompok, siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah melakukan wawancara yang baik dan benar sesuai dengan penjelasan yang didengar.

2. Berdasarkan identifikasi yang dilakukan, siswa dapat merumuskan langkah-langkah melakukan wawancara yang  baik dan benar sesuai dengan rumusan langkah melakukan wawancara.

Kognitif  Produk

1. Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menentukan topik dan nara sumber yang akan diwawancarai sesuai dengan kesepakatan kelompok.

2. Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menyusun daftar pertanyaan untuk wawancara sesuai dengan topik dan nara sumber serta menggunakan kalimat tanya yang benar.

Psikomotor

1. Setelah diskusi kelompok, siswa dapat melakukan wawancara sesuai dengan daftar pertanyaan dan nara sumber yang telah ditentukan dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan bahasa yang santun. .

2. Setelah melakukan wawancara, siswa dapat menulis laporan hasil wawancara sesuai dengan informasi yang didengarnya.

Afektif

1. Mengembangkan perilaku karakter, meliputi:

a. Siswa mampu menunjukkan kerjasama yang kooperatif  ketika bekerja dalam kelompok sesuai dengan LP 6.

b. Melalui kegiatan diskusi kelompok, siswa mampu menghargai pendapat teman dalam kelompok sesuai dengan LP 6.

c. Melalui kegiatan diskusi kelompok , siswa mampu melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab.

2. Mengembangkan keterampilan sosial, meliputi:

a. Melalui kegiatan diskusi kelompok  siswa dapat melaksanakan komunikasi secara lisan sesuai kriteria yang terdapat dalam LP 7.

b.  Melalui kegiatan diskusi kelompok , siswa dapat membuat laporan hasil diskusi  secara tertulis sesuai kriteria yang terdapat dalam LP 7.

E. Materi Ajar

MELAKUKAN WAWANCARA SEDERHANA DENGAN NARASUMBER

1. Pengertian Wawancara

Berwawancara adalah kegiatan tanya jawab dengan seorang narasumer mengenai suatu hal.

Narasumber adalah orang yang member (megetahui secara jelas tentang sebuah informasi) atau sebagai  sumber informasi (informan).

2. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam menyusun daftar pertanyaan untuk melakukan  wawancara:

a. Tentukan topic wawancara dan nara sumber yang akan diwawancarai.

b. Tanyakan informasi yang ingin didapat dari narasumber secara singkat sesuai dengan topik dan narasumber.

c. Berbicaralah dengan bahasa yang sopan dan santun.

d. Hindari pertanyaan yang menyinggung narasumber.

3. Cara melakukan wawancara

a. Tentukan topik dan narasumber yang akan kamu wawancarai.

b. Susunlah daftar pertanyaan yang akan kamu tanyakan kepada narasumber sesuai dengan topic yang kamu tentukan.

c. Lakukan wawancara sederhana sesuai dengan daftar pertanyaan yang kamu buat dengan narasumber.

d. Gunakan bahasa Indonesia yang santun, baik, dan benar.

e. Catatlah semua informasi yang kamu peroleh.

f. Untuk penilaian catatlah informasi tersebut dalam bentuk laporan.

g. Serahkan laporan pada gurumu untuk dinilai.

4. Contoh wawancara sederhana

Nara Sumber : Petani

Topik              : Meningkatkan Mutu Hasil Panen.

Daftar Pertanyaan :

1. Bagaimanakah hasil panen padi tahun ini pak ?

2. Apakah hasil panen tersebut dapat ditingkatkan lagi ?

3. Bagaimana dan langkah-langkah apa saja yang dapat bapak lakukan untuk meningkatkan hasil panen bapak ?

4. Berapa kali bapak memberikan pupuk pada tanaman padi bapak ?

5. Dalam 1 tahun berapa kali panen yang bapak lakukan?

6. Kami sudah merasa cukup atas informasi yang bapak berikan, kami mengucapkan terima kasih dan semoga panen bapak sangat memuaskan.

Wawancara   :

Siswa   : Bagaimanakah hasil panen padi tahun ini pak ?

Petani : Hasil panen tahun ini cukup baik.

Siswa   : Apakah hasil panen tersebut dapat ditingkatkan lagi ?

Petani : Bisa, hasil panen bisa ditingkatka lagi.

Siswa   : Bagaimana dan langkah-langkah apa saja yang dapat bapak    lakukan untuk meningkatkan hasil panen bapak ?

Petani  : Untuk meningkatkan hasil panen dapat dilakukan dengan cara pemberian pupuk yang berkualitas, memberantas hama, serta pengairan yang cukup.

Siswa   : Berapa kali bapak memberikan pupuk pada tanaman padi bapak ?

Petani :Kalau padi sudah mendapatkan air yang cukup maka pemberian pupuk dapat dilakukan 2 kali sekali panen.

Siswa   : Dalam 1 tahun berapa kali panen yang bapak lakukan?

Petani  :Dalam 1 tahun panen dapat dilakukan sebanyak 3 kali.

Siswa   : Kami sudah merasa cukup atas informasi yang bapak berikan, kami mengucapkan terima kasih dan semoga panen bapak sangat memuaskan.

Petani : Iya, sama-sama. Semoga informasi yang dapat saya berikan bermanfaat untuk kalian semua.

F. Pendekatan dan Metode Pembelajaran

Pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah pendekatan komunikatif .

       Metode pembelajaran: diskusi, pengalaman lapangan, tanya jawab, penugasan.

G. Kegiatan Pembelajaran

1. Kegiatan Awal (10 menit)

a. Mengkondisikan Kelas

b. Presensi

c. Berdoa

d. Apersepsi

Pembelajaran diawali dengan penggalian pengetahuan siswa tentang wawancara yang diketahui melalui kegiatan tanya jawab.

2. Kegiatan Inti (45 menit)

a. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, masing- masing kelompok terdiri atas 4 orang dengan kemampuan bervariasi

b. Guru menjelaskan rambu-rambu tentang kegiatan yang harus dilakukan pada saat siswa menyimak penjelasan secara lisan.

c. Guru memperdengarkan deskripsi tentang wawancara  secara lisan.

d. Siswa menyimak deskripsi wawancara yang diperdengarkan guru, kemudian mencatat hal-hal penting sesuai dengan rambu-rambu yang diberikan oleh guru.

e. Melalui diskusi kelompok, siswa mengurutkan rincian keterangan dari catatan yang dibuat.

f. Siswa menyusun langkah-langkah melakukan wawancara sesuai dengan penjelasan yang didengarnya.

g. Guru memberikan contoh wawancara yang benar.

h. Setiap kelompok mengamati contoh wawancara yang diberikan guru.

i. Melalui pendampingan dari guru, siswa menganalisis unsur-unsur yang terdapat dalam kegiatan wawancara sehingga siswa memperoleh konsep tentang wawancara yang benar.

j. Setiap kelompok mengkaji ulang langkah-langkah melakukan wawancara yang disusun sesuai dengan konsep tentang wawancara yang benar.

k. Siswa dalam kelompok melakukan wawancara sesuai dengan langkah-langkah yang telah ditentukan.

l. Siswa dalam kelompok menuliskan informasi yang di perolehnya melalui kegiatan wawancara dalam bentuk laporan tertulis.

m. Setiap perwakilan kelompok melaporkan hasil diskusinya di depan kelas, siswa lain menanggapi.

n. Kelompok yang hasilnya baik diberi penghargaan.

3. Kegiatan Akhir (15 menit)

a. Siswa dan guru menyimpulkan materi yang telah diberikan.

b. Guru mengadakan refleksi dengan menanyakan bagaimana kesan siswa terhadap pembelajaran hari ini.

c. Guru menilai hasil kerja siswa kemudian mengembalikan hasil kerja yang telah dinilai.

d. Tindak Lanjut

H. Sumber Belajar

Suyatno H, dkk. 2008. Indahnya Bahasa Dan Sastra Indonesia 5. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Standar isi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar.

KTSP sekolah mitra

Materi ajar tentang wawancara.

I. Penilaian

1. Penilaian Kognitif

a. Penilaian Produk (terlampir)

b. Penilaian Proses (terlampir)

2. Penilaian afektif (terlampir)

3. Penilaian  psikomotor (terlampir)

Lampiran 1. Lembar Kerja Siswa

LEMBAR KERJA SISWA

MELAKUKAN WAWANCARA SEDERHANA

bi 0

1. Hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dalam melakukan wawancara!

2. Buatlah daftar pertanyaan yang baik dan benar untuk melakukan sebuah wawancara!

3. Amati teks wawancara berikut, kemudian identifikasilah topik yang terkandung dalam teks wawancara tersebut, bahasa yang digunakan dalam teks wawancara tersebut!

Siswa   : Gimana hasil panen padi tahun ini pak ?

Petani : Hasil panen tahun ini cukup baik.

Siswa   : Apakah hasil panen tersebut dapat ditingkatkan lagi ?

Petani : Bisa, hasil panen bisa ditingkatkan lagi.

Siswa   : Gimana dan langkah-langkah apa saja yang dapat bapak    lakukan untuk meningkatkan hasil panen bapak ?

Petani  : Untuk meningkatkan hasil panen dapat dilakukan dengan cara pemberian pupuk yang berkualitas, memberantas hama, serta pengairan yang cukup.

Siswa   : Berapa kali bapak ngasih pupuk pada tanaman padi bapak ?

Petani : Kalau padi udah mendapatkan air yang cukup maka pemberian pupuk dapat dilakukan 2 kali sekali panen.

Siswa   : Dalam 1 tahun berapa kali panen yang bapak lakukan?

Petani  : Dalam 1 tahun panen dapat dilakukan sebanyak 3 kali.

Siswa  : Kami udah  merasa cukup atas informasi yang bapak berikan, kami mengucapkan terima kasih dan semoga panen bapak sangat memuaskan.

Petani : Iya, sama-sama. Semoga informasi yang dapat saya berikan bermanfaat untuk kalian semua.

4. Sempurnakan kekurangan teks wawancara pada soal nomor 3!

Lampiran 2. Kunci Jawaban Lembar Kerja Siswa

bi 0

1. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam menyusun daftar pertanyaan untuk melakukan  wawancara:

a. Tentukan topic wawancara dan nara sumber yang akan diwawancarai.

b. Tanyakan informasi yang ingin didapat dari narasumber secara singkat sesuai dengan topik dan narasumber.

c. Berbicaralah dengan bahasa yang sopan dan santun.

d. Hindari pertanyaan yang menyinggung narasumber.

2. Sesuai dengan jawaban yang dibuat siswa.

Contoh :

a. Bagaimana  hasil pejualan makanan di kantin sekolah setiap harinya bu?

b. Makanan apa saja yang banyak disukai siswa bu?

c. Bagaimana usaha ibu untuk tetap menjaga makanan ibu laris terjual ?

d. Apakah ibu ingin menigkatkan penjualan makanan di kantin sekolah ini bu?

e. Usaha apa yang ingin ibu lakukan untuk meningkatkan penjualan makanan di kantin sekolah ini bu?

3. Teks wawancara yang diberikan guru diidentifikasi sebagai berikut:

Topik : Meningkatkan hasil panen.

Bahasa : Terdapat kata yang tidak baku dan kurang sopan seperti; gimana, ngasih, udah.

4. Sesuai dengan soal  nomor 3 maka dapat disempurnakan sebagai berikut:

Siswa   : Bagaimana hasil panen padi tahun ini pak ?

Petani : Hasil panen tahun ini cukup baik.

Siswa   : Apakah hasil panen tersebut dapat ditingkatkan lagi ?

Petani : Bisa, hasil panen bisa ditingkatkan lagi.

Siswa   : Bagaimana dan langkah-langkah apa saja yang dapat bapak    lakukan untuk meningkatkan hasil panen bapak ?

Petani  : Untuk meningkatkan hasil panen dapat dilakukan dengan cara pemberian pupuk yang berkualitas, memberantas hama, serta pengairan yang cukup.

Siswa   : Berapa kali bapak ngasih pupuk pada tanaman padi bapak ?

Petani : Kalau padi sudah mendapatkan air yang cukup maka pemberian pupuk dapat dilakukan 2 kali sekali panen.

Siswa   : Dalam 1 tahun berapa kali panen yang bapak lakukan?

Petani  : Dalam 1 tahun panen dapat dilakukan sebanyak 3 kali.

Siswa   : Kami sudah  merasa cukup atas informasi yang bapak berikan, kami mengucapkan terima kasih dan semoga panen bapak sangat memuaskan.

Petani : Iya, sama-sama. Semoga informasi yang dapat saya berikan bermanfaat untuk kalian semua.

Lampiran 3. Penilaian

J. Penilaian Kognitif

1. Penilaian Produk

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!

a. Apa yang dimaksud dengan wawancara!

b. Bagaimana langkah-langkah melakukan wawancara yang baik dan benar ?

c. Apakah yang dimaksud dengan nara sumber ?

d. Sebutkan 3 contoh narasumber yang kalian ketahui !

e. Menurut kamu apa kegunaan wawancara dalam kehidupan sehari-hari?

Contoh jawaban model

a. Berwawancara adalah kegiatan tanya jawab dengan seorang narasumber mengenai suatu hal.

b. Langkah-langkah melakukan wawancara

· Tentukan topik dan narasumber yang akan kamu wawancarai.

· Susunlah daftar pertanyaan yang akan kamu tanyakan kepada narasumber sesuai dengan topic yang kamu tentukan.

· Lakukan wawancara sederhana sesuai dengan daftar pertanyaan yang kamu buat dengan narasumber.

· Gunakan bahasa Indonesia yang santun, baik dan benar.

· Catatlah semua informasi yang kamu peroleh.

· Untuk penilaian catatlah informasi tersebut dalam bentuk laporan.

· Serahkan laporan pada gurumu untuk dinilai.

c. Narasumber adalah orang yang member (megetahui secara jelas tentang sebuah informasi) atau sebagai  sumber informasi (informan).

d. Petani, Guru, Dokter dll.

e. Dalam kehidupan sehari-hari, wawancara bisa digunakan untuk memperoleh informasi dari nara sumber yang informasi tersebut belum kita ketahui sebelumnya.

2. Penilaian Proses

Contoh Lembar Observasi Diskusi Kelompok

Nama peserta didik: Kelas:

bi 1

Keterangan:

Berikan nilai untuk setiap aspek penilaian dengan skor 5 (maksimal) dan 0 (minimal)

Skor 5 jika indikator yang diharapkan muncul dengan jelas/sering.

Skor 4 jika indikator yang diharapkan muncul namun kurang sering.

Skor 3 jika indikator yang diharapkan muncul tetapi jarang.

Skor 2 jika muncul namun sedikit

Skor 1 jika muncul namun sedikit sekali

NA (Nilai Akhir) = Jumlah x 10

Lampiran 4. Penilaian Afektif

Skala sikap

bi 2

Keterangan:

SS        : Sangat Setuju

S          : Setuju

R         : Ragu-ragu

TS        : Tidak Setuju

STS     : Sangat Tidak Setuju

Lampiran 5. Penilaian Psikomotor

bi 3

Keterangan:

Skor 1 jika kurang baik

Skor 2 jika cukup baik

Skor 3 jika baik

Lampiran 6. Lembar Pengamatan Perilaku Berkarakter

bi 5

Petunjuk untuk guru : Amatilah ketika siswa melakukan diskusi lalu berilah tanda contreng (v) pada setiap aspek yang muncu

keterangan:

A = Mampu memberi bantuan kepada semua anggota

B = Mampu menjadi teman kerja yang menyenangkan

C = Mampu menjadi ketua/anggota diskusi yang santun

D = Mampu menghargai anggota kelompok yang lain

E = Mampu melaksanakan tugas dengan baik

Lampiran 7. Lembar Pengamatan Keterampilan Sosial

Petunjuk untuk guru:

Amatilah saat siswa melakukan komunikasi secara lisan baik dengan teman maupun dengan guru ketika berdiskusi dan selama proses pembelajaran

bi 4

1. Aspek Komunikasi:

a. Kebahasaan

b. Menggunakan lafal dan intonasi yang tepat.

c. Memilih kata yang tepat dan sesuai.

d. Menggunakan kalimat yang benar dan efektif.

e. Memberikan penjelasan yang sistematis dan logis.

2. Aspek Nonkebahasaan

a. Mendengarkan dan memperhatikan  lawan bicara.

b. Tidak memotong pembicaraan dan menanggapi pembicaraan setelah   dipersilakan.

c. Tidak berbicara ketika orang lain sedang berbicara.

d. Bersikap sopan dan menunjukkan perhatian kepada lawan bicara

 

 

TUGAS

BAHASA INDONESIA

clip_image001

Oleh :

INGGRIANI ANDEWI PRAYOGI (09141108)

PGSD / IIIC

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN

IKIP PGRI MADIUN

2011

 

Ini sedikit yang bisa Saya uraikan Semoga bermanfaat “Amien” ,, Untuk temen-temen yang ingin Donwload lengkap RRP ini dalam bentuk Dokumen words silakan klik Disini 

Comments
0 Comments

Post a Comment