Berita Terbaru :
Thursday, October 25, 2012

Praktikum Untuk Membuktikan Sifat-sifat Air

Assalamuallaikum sobat UPHil n RAGHiel ketemu lagi kali ini saya postingkan Makalah Praktikum Untuk membuktikan sifat-sifat Air semoga posting Makalah Praktikum Untuk membuktikan sifat-sifat Air bisa menjadi referensi bagi Mahasiwa dan Pelajar.

Kegiatan Praktikum Untuk Membuktikan Sifat-sifat Air


Oleh :

Inggriani Andewi P (09141108)

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
IKIP PGRI MADIUN
2011


KATA PENGANTAR

     Dengan mengucapkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas segala rahmat dan karunia-Nya, penulis menyelesaikan makalah dengan judul : “Kegiatan Praktikum Untuk Membuktikan Sifat-sifat Air”
     Mulai perencanaan sampai dengan penyelesaian makalah ini, penulis telah banyak mendapatkan bantuan-bantuan dari berbagai pihak, oleh karena itu dalam kesempatan ini penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada yang terhormat:
1. Bapak Drs. Parji, M.Pd., Rektor IKIP PGRI Madiun.
2. Bapak Drs. Ibadullah Malawi, M.Pd., selaku Kepala Program Studi.
3. Ibu Elly fatkhusana, M.Pd., Dosen Pembelajaran SAINS / IPA.
4. Bapak dan Ibu orang tua yang telah memberikan dorongan dan doa restu, baik moral maupun material selama penulis menuntut ilmu.
     Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan Rahmat dan Karunia-Nya kepada semua pihak yang telah memberikan segala bantuan tersebut di atas. Makalah ini tentu saja masih jauh dari sempurna, sehingga penulis dengan senang hati menerima kritik demi perbaikan. Kepada pembaca mungkin masih bisa mengembangkan makalah ini pada ruang lingkup yang lebih luas dan analisis yang lebih tajam. Akhirnya semoga makalah ini ada manfaatnya.

Madiun, 30 Maret  2011 
Penulis


BAB I
Pendahuluan

A. Latar Belakang Masalah
IPA sebagai suatu proses penelusuran merupakan suatu pandangan yang menghubungkan gambaran sains yang berhubungan erat dengan segi laboratorium beserta perangkatnya. Faktanya bahwa air sangat dekat dengan kehidupan manusia. Air juga memiliki banyak sifat yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.
Dalam pelajaran SAINS terdapat materi tentang sifat-sifat air. Untuk mengetahui dan membuktikan apa saja sifat-sifat air tersebut dan bagaimana terjadinya maka siswa perlu melakukan sebuah peneelusuran atau praktikum di laboratorium.
Dari latar belakang diatas, kami mengangkat judul “Kegiatan Praktikum Untuk Membuktikan Sifat-sifat Air”.

B. Rumusan Masalah
1. Apa air itu?
2. Apa saja sifat-sifat air?
3. Kegiatan apa saja yang dilakukan siswa untuk membuktikan sifat-sifat air?

C. Tujuan
1. Untuk mengetahui definisi air.
2. Untuk mengetahui sifat-sifat air.
3. Untuk mengetahui kegiatan apa saja yang dilakukan siswa untuk membuktikan sifat-sifat air.

D. Manfaat
1. Agar siswa mengerti bahwa belajar IPA adalah belajar dengan alam.
2. Agar siswa mnegetahui bahwa IPA bukanlah suatu mata pelajaran hafalan.
3. Agar siswa dan guru belajar menjadi seorang peneliti melalui IPA.
4. Meningkatkan kualitas guru dalam pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen yang telah dilakukan siswa, sehingga siswa bisa berperan langsung dalam pembelajaran ini.
5. Kualitas pendidikan di sekolah akan meningkat, karena adanya penigkatan cara mengajar guru dan hasil belajar siswa.

BAB II
PEMBAHASAN

A. Pengertian Air
Air adalah zat atau materi atau unsur yang penting bagi semua bentuk kehidupan yang diketahui sampai saat ini di bumi, tetapi tidak di planet lain. Air dalam bentuk cair adalah tidak bewarna, tidak berbau, tidak mempunyai rasa dan merupakan senyawa yang sukar dimampatkan yang memiliki beberapa sifat yang khas. Salah satu sifatnya yang khas tersebut yaitu dalam mengalami pendinginan/pembekuan. Berlinan dengan sifat sebagian besar senyawa yang akan mengkerut bila mengalami pendinginan/pembekuan, volume air akan mengembang bila membeku.

Kelanjutan Makalah ini bisa sobat baca Disini

Referensi :


Comments
0 Comments

Post a Comment