Berita Terbaru :
Wednesday, April 3, 2013

6.5 Milyar Total Kerugian Pelanggan SmartFren

Beberapa waktu yang lalu Operator seluler Smartfren mengalami gangguan pada jaringan akses data internet kurang lebih selama 4 hari tepatnya terjadi pada tanggal 23 Maret 2013 hingga 26 Maret 2013. Gangguan ini bersifat Nasional yang berdampak ke seluruh pengguna akses data internet smartfren di Indonesia tidak bisa mengakses internet.Total Kerugian Pelanggan SmartFren
Dari kejadian ini saya coba membuat reng-rengan berapa kerugian yang di alami oleh pengguna paket data Smartfren :

1. Jika pengguna mendaftar Paket Internet unlimited 30hari dengan tarif Rp 49.000/30hari maka dapat kita cari biaya perharinya Rp 49.000 : 30hari = Rp 1.633/hari
Gangguan yang terjadi selama 4 hari maka Rp 1.633 x 4 = Rp 6.532
Disini dapat kita ketahui dari 1 orang pelanggan paket data selama 4 hari gangguan terjadi mengalami kerugian 6.532 Rupiah. Jika total pengguna Paket data Unlimited yang memakai paket data Rp 49.000/30hari ada 1000 orang Maka Rp 6.532 x 1000 orang = Rp 6.532.000

Bagaimana jika pengguna paket data 49.000/30hari seluruh Indonesia ada 1juta pelanggan..?? Maka dapat kita cari Rp 6.532 x 1.000.000 = Rp 6.532.000.000 waaoooO luar bisa jika pengguna paket data seluruh Indonesia ada 1 Juta maka total kerugian pelanggan Smartfren selama 4 hari sekitar 6.5 Milyar.

2. Jika pengguna mendaftar Paket Internet unlimited 30hari dengan tarif Rp 99.000/30hari maka dapat kita cari biaya perharinya Rp 99.000 : 30hari = Rp 3.300/hari
Gangguan yang terjadi selama 4 hari maka Rp 3.300x 4 = Rp 13.200
Disini dapat kita ketahui dari 1 orang pelanggan paket data selama 4 hari gangguan terjadi mengalami kerugian 13.200 Rupiah. Jika total pengguna Paket data Unlimited yang memakai paket data Rp 99.000/30hari ada 1000 orang Maka Rp 13.200 x 1000 orang = Rp 13.200.000

Bagaimana jika pengguna paket data 99.000/30hari seluruh Indonesia ada 1juta pelanggan..?? Maka dapat kita cari Rp 13.200 x 1.000.000 = Rp 13.000.000.000 Jika pengguna paket data seluruh Indonesia ada 1 Juta maka total kerugian pelanggan Smartfren selama  4 hari sekitar 13 Milyar waooO gila.


Gangguan yang di alami oleh Smartfren ini mungkin hal biasa yang sering terjadi dan gangguan seperti ini juga pernah terjadi di operator seluler lainnya.. namun demikian tentu Pengguna lah yang paling di rugikan. Dan heran saya hingga saat ini belum pernah ada operator seluler yang melakukan Ganti Rugi kepelanggannya sendiri, bisa saja kan kalau operator mengganti kerugian pelanggan dengan memambah paket data selama berapa hari gangguan itu terjadi.

Dan yang paling saya sanyangkan tidak ada tindakkan nyata dari Yayasan Lembaga Perlindungan Konsumen di Indonesia yang melindungi pengguna akses data internet.. padahal jelas-jelas gangguan seperti yang terjadi pada Smartfren ini merugikan Konsumen.

Semoga sedikit tulisan saya ini mendapat perhatian dari pihak-pihak yang terkait.
Referensi :
1. SMARTFREN Merugikan Jutaan Pelanggannya.
2. Penyebab Gangguan Internet Smartfren


Tag : Pelanggan Smartfren mengalami kerugian Milyaran Rupiah, Kerugian Milyaran Rupiah di alami oleh Pelanggan Smartfren, Smartfren Merugikan Pelanggannya, Tidak ada ganti rugi untuk Pengguna paket data Smartfren, 13 Milyar Total Kerugian Pelanggan SmartFren

Comments
0 Comments

Post a Comment